Saturday 18 January 2014

T.I.D.U.R itu PENTING

TIDUR!!! 
tak habis2 dengan tido kan.....kalau de masa je..lau boleh nak tidur..especially orang2 yang berkeje nun di luar sana,,,duk opis,,,duk atas jalan...compom...letih asyik bekerja je...
eh..sape kate orang yang duk umah like housewife asyik tido je...xbuat keje??? banyak tau keje duk umah dari orang yang bekerja di opis2 tu!!!! jangannn onyettt~~~

Meh sini nak citer KESAN kalau x bole tidur malam...asyik berjaga like Burung hantu (Owl)



tengok bertapa bahayanya kalau tak tidur dengan secukup-cukupnya.... semua sifat ade


  •  muka cengkunk
  •  tekanan darah pun naik
  •  risiko MATI awal tinggi
  • risiko nak dapat KANSER meningkat
  • cepat lapar
  •  hilang sel2 tisu otak...
bukan itu je tau..penyakit tidur berkait rapat dengan penyakit imsomnia... Ape tu???
meh cini...nak terang...


merupakan gangguan tidur yang dapat terjadi pada siapa saja, walaupun sebenarnya banyak terjadi pada orang dewasa. Insomnia dibedakan kedalam dua faktor, yakni insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer biasanya terjadi bukan karena adanya gangguan kesehatan, melainkan karena cuaca panas, keramaian/kebisingan lingkungan serta cahaya yang berlebih pada ruangan. Untuk insomnia sekunder terjadi karena faktor gangguan kesehatan seperti sakit asma, kanker dll. Bisa juga karena depresi atau mengkonsumsi obat-obatan secara berlebih.

Insomnia juga dibedakan dari lamanya waktu gangguan tidur ini terjadi, jika gangguan tidur hanya berlangsung dalam kurun waktu beberapa hari lalukemudian hilang, maka anda terkena insomnia akut. Akan tetapi jika ini terjadi terus-menerus, sudah dapat dipastikan anda terkena insomnia kronis.
Seperti yang telah disebutkan diatas, penderita insomnia akan menagalami gangguan tidur, kondisi fisik akan melemah, kemudian mudah terserang stress karena kurangnya istirahat sehingga membuat fungsi organ tubuh terganggu. Penyakit insomnia dapat mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, hal ini akan emmbahayakan kesehatan tubuh dan memungkinkan anda terserang penyakit lainnya.

Insomnia secara umum dapat dilihat dari ciri-ciri seperti berikut:

  1. Kelelahan yang berlebihan
  2. Cepat marah
  3. kembung dan nyeri pada perut
  4. Tangan berkeringat
  5. Sakit kepala, nyeri leher serta pegal pada punggung
  6. Napas tersenggal-senggal dan setak jantung tidak stabil

Ciri-ciri penyakit insomnia perlu kita ketahui agar jika terjadi keluhan yang berkaitan dengan ciri penderita insomnia akan segera mendapatkan penanganan yang benar. 

so....NAK TIDUR TANPA GANGGUAN TAK????
TIDUR PENUH NYENYAK!!!
TIDUR MIMPI SAMPAI KE BULAN!!!
tapi jangan la tidur SEPANJANG HARI PULAK...macam lain je..macam pelik je....


Jom try Bio Velocity Sleep Mate.... Bende ape plak ni ek???? jangan takut..ni bukan makanan...ni just selimut je a.k.a selimut dhuha...



nanti kiter sambung kat entry lain ye....sebabnye si anas my little boy da bangkit dari tidor...nanti kang jenuh sama2 nak ngadap lappy..




















dlu naufal (little brother) skunk ni anas (buah hati pengarang jantung) lebih kurang je fiel deme ni!!

No comments:

Post a Comment